Sunday, January 13, 2013

Perlunya Cek Kesehatan Sebelum Nikah

photo by : dentalconsultancy.co.uk
Untuk menikah bukan hanya mempersipakan fisik saja, ada yang lebih penting penting dan sering luput dari perhatian yaitu memperhatikan persiapan psikisnya termasuk kesehatan pasangan calon pengantin. Salah satunya melakukan tes genetik.

 “Kenapa tes ini harus, tes ini dilakukan untuk mengetahui apakah percampuran dua genetik pasangan calon pengantin nantinya tidak akan terjadi kelainan. Misalnya melahirkan anak dengan kelainan, kalau diketahui lebih awal hal ini bisa dicegah,baik itu dengan pengobatan atau menunda memiliki momongan,” kata markom Melinda Hospital, Lucas Ho, di Melinda Hospital  Jalan Padjadjaran, Minggu (13/1).

Tes genetik ini tidak hanya baik untuk kesehatan calon pengantin, namun juga bagi kondisi rumah tangganya ke depan. Kalau hal ini terkomunikasikan dengan baik, bisa menciptakan rumah tangga yang harmonis dan langgeng.

Namun sayangnya kesadaran memeriksakan diri sebelum menikah masih rendah di masyarakat. Biaya menjadi salah satu pertimbangannya. Untuk itu kata Lucas informasi mengenai pemeriksaan pranikah perlu dilakukan supaya kesadaran masyarakat  semakin meningkat.

“Tentu ada biayanya tapi  bisa diperhitungkan dengan keuntungan yang akan diperoleh. Kalau masyarakat sadar dan merasa perlu periksa, jangan pikir biaya. Informasi mengenai kesehatan pasangan juga harus banyak diketahui misalnya melalui internet,”ujarnya.

Namun sejalan dengan banyak diaksesnya informasi mengenai kesehatan calon pengantin di berbagai media termasuk internet. Secara bertahap kesadaran masyarakat mulai muncul. Terutama pada kalangan menengah ke atas.

Selain pemeriksaan tadi, mempersipkan psikis calon pengantin juga tak kalah penting. Apalagi menjelang pernikahan pasangan calon pengantin akan dihadapkan pada sejumlah masalah yang memicu stres. “Calon pengantin harus mempersiapkan kesehatan psikisnya, kalau sudah siap semuanya tapi pada pada hari pernihakan tidak vit atau sakit kan tidak bagus juga,”katanya.

Setelah psikis calon pengantin siap, baru memikirkan untuk merancang berbagai persiapan pernikahan yang lain. Untuk lebih mempermudahnya Lucas menyerankan calon pengantin untuk mencarinya di pameran. Karena lebih efisien dan efektif. “Terkadang calon pengantin bingung mau mengkonspe pernikahan yang seperti apa, kalau datang ke pameran ada banyak ide yang bisa diperoleh. Selain itu urusan gedung, gaun dan keperluan pernikahan lainnya juga ada di pameran, jadi lebih mudah,”tuturnya.

Sumber : jpnn

0 comments:

Post a Comment