Monday, December 31, 2012

Jeruk, Pisang, Sayuran: Obat Hipertensi

healthguide4healthyliving

Jeruk dan pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
Makan tiga jeruk, tiga pisang, dan tiga porsi sayuran dalam sehari sama khasiatnya dengan meminum obat-obat antihipertensi yang diberikan oleh dokter kepada pasien yang mengidap penyakit tekanan darah tinggi ringan dan sedang.
Prospek ini dikemukakan oleh dr. Kay Tee Khawa dan dr. Simon Thorn, yang memimpin suatu percobaan atas dua puluh orang laki-laki sukarelawan yang sehat di Rumah Sakit St. Mary, London.
Zat “rahasia” yang berkhasiat menurunkan tekanan darah yang dikandung oleh makanan tadi adalah ion potasium (K+), yang banyak terkandung dalam buah jeruk, pisang, dan sayuran. Sebagian sukarelawan menelan tablet yang mengandung 64 mmol K+, sebagian lagi meminum plasebo (obat bohong) setiap hari selama dua minggu tanpa mereka tahu tablet mana yang mengandung K+ dan mana yang tidak. Kemudian sukarelawan yang semula menelan tablet K+ diberi plasebo selama dua minggu berikutnya, sedangkan yang minum plasebo ganti diberi tablet berisi K+.
Lima belas dari dua puluh laki-laki itu, tekanan siatolik dan diastoliknya turun. Yang turun berarti memang cuma tekanan diastoliknya, yaitu sampai 2,4 mmHg. Ini sejalan dengan turunnya sodium dibandingkan dengan potasium dalam urine dengan makin menaiknya potasium yang dikeluarkan setiap hari.
Meskipun dalam teori hasil itu bisa diperolah dengan menurunkan konsumsi sodium sebanyak 10%, namun dalam kenyataan hasil itu sulit dicapai. Juga kalau diketahui bahwa konsumsi sodium tinggilah yang menyebabkan tekanan meninggi.

Sumber : http://intisari-online.com

0 comments:

Post a Comment