Sunday, January 13, 2013

Jenis Makanan dan Minuman Pemicu Sakit Kepala

Ilustrasi. Sumber foto: Google.com
Ada beberpa jenis makanan yang dapat meredakan sakit kepala Anda, namun ada pula yang justeru bisa memicu sakit kepala. Sakit kepala biasanya terjadi karena adanya gejala ketidakseimbangan antara fisik dan mental.
Berikut ini enam jenis makanan yang bisa memicu sakit kepala.
1. Keju tua
Jenis keju ini memiliki kandungan susu dan protein yang tinggi. Protein ini merupakan komponen penting bagi keju. Saat protein ini menyatu dengan tubuh maka akan memproduksi tiramin.
Efek tiramin bisa menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah. Penyempitan ini dapat menyebabkan lambatnya aliran atau sirkulasi darah ke otak. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi keju ini dengan jumlah yang benar.
2. Minuman Beralkohol
Alkohol dapat menipiskan darah, hal ini berakibat membuat kepala Anda menjadi berat dan pusing. Kalaupun Anda ingin mengonsumsi alkohol, konsumsilah dengan jumlah atau takaran yang wajar.
Hindari mencampur alkohol dengan minuman lain. Hal ini justru dapat menyebabkan Anda sakit kepala selama beberapa hari.
3. Makanan yang Mengandung Zat Pewarna

Pewarna makanan yang banyak terdapat di sajian makanan penutup, makanan olahan, dan makanan kaleng dapat memicu alergi atau sakit kepala. Makanan segar adalah pilihan terbaik bagi sajian di meja makan. Sebisa mungkin hindari makanan yang sudah diawetkan atau makanan olahan.
4. Cokelat

Cokelat memang mengandung berbagai macam manfaat. Namun berhati-hatilah ketika mengonsumsi cokelat. Ketika Anda mengonsumsi cokelat kemungkinana Anda dapat mengalami sakit kepala dan sinus.
Cokelat memiliki kandungan phenylethylamine dan theobromine yang dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah.
5. Kopi

Sebagian orang mungkin akan mengatakan minum kopi di pagi hari akan meredakan sakit kepala yang sedang melanda mereka. Namun tahukah Anda, jika kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi jika tercampur dengan magnesium justru akan menimbulkan sakit kepala.

6. Junk Food

Monosodium glutamat, zat penguat rasa ini biasanya terkandung dalam makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, dan lainnya. Membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna jenis makanan ini. Sesekali secara tiba-tiba darah mengalir ke otak kemudian menimbulkan sakit kepala.

Sumber : infojkt

0 comments:

Post a Comment