Sunday, January 13, 2013

Agar Anak Mau Makan Sehat & Tak Hobi Konsumsi Junk Food

Dok. Thinkstock
Jakarta - Bingung kenapa anak lebih suka makan junk food ketimbang makanan sehat dari rumah? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyajikan makanan yang bergizi sekaligus disenangi sang buah hati. Ikuti sembilan langkah di bawah ini untuk memberikan sajian makanan sehat yang bisa menarik perhatian dan selera makan si kecil, seperti dikutip dari All Women Stalk.

1. Konsisten
Langkah pertama yang harus ditempuh pada saat memasukkan sayuran ke dalam menu buah hati Anda adalah dengan tetap konsisten dan terus mencoba mengolahnya. Bentuk dan juga tekstur dari makanan merupakan salah satu faktor penyebab utama anak-anak tidak menyukai sayuran. Jika anak-anak terbiasa untuk mengonsumsi sayuran sejak dini, ia akan membawa kebiasaan tersebut hingga dewasa kelak.

2. Panutan Bagi Sang Buah Hati
Anak-anak akan lebih mudah diajarkan untuk disiplin dan mengonsumsi sayuran jika ia melihat contoh yang baik dari orangtuanya. Mulailah terlebih dahulu mengonsumsi dan mengatur pola makan Anda menjadi sehat. Jangan lupa juga untuk selalu menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi untuk dikonsumsi sekeluarga.

3. Ajak Si Kecil Berbelanja
Dengan mengajak serta sang buah hati berbelanja memudahkan Anda mempersiapkan makanan yang memang ia inginkan. Selanjutnya biarkan si kecil memilih sendiri sayuran mana yang ia suka dan ajaklah untuk turut serta membantu Anda mengolah dan mempersiapkan makanan tersebut.

4. Sarapan
Mengonsumsi sarapan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda dan sang buah hati dibandingkan jam makan lainnya. Oleh karena itu, biasakan untuk mempersiapkan makanan yang lezat dan juga bergizi seperti pisang, roti dengan selai ataupun sereal, dan buah-buahan pada saat sarapan. Riset membuktikan bahwa anak yang mengonsumsi sarapan di pagi hari memiliki berat tubuh yang lebih ideal dibandingkan dengan yang tidak sarapan.

5. Say No to Frozen Foods
Makanan beku seperti nugget, french fries, ataupun sosis yang cepat saji wajib dihindari buah hati Anda. Selain tidak memiliki kandungan serat, makanan beku juga tidak memiliki kandungan gizi sama sekali. Lebih baik Anda menyajikan buah, sayuran segar, ataupun makanan yang Anda persiapkan dan olah sendiri, dibandingkan dengan makanan instan.

6. Sajikan dengan Bentuk yang Menarik
Buat makanan yang Anda sajikan menarik dan membentuknya dengan bentuk-bentuk yang lucu, serta menggemaskan seperti hewan, bunga-bungaan ataupun bentuk yang simpel seperti segitiga, dan hati. Gunakan juga biji-bijian seperti jagung manis untuk menghias makanan serta piring makannya. Dijamin anak Anda akan makan dengan senang dan lahap.

7. Olah Bersama Makanan Lain
Jika sang buah hati termasuk pemilih dan sering menyingkirkan makanan yang tidak ia sukai dari piringnya, cobalah untuk menghaluskan makanan tersebut sebelum dicampurkan pada sajian Anda. Atau dapat juga dengan mengolahnya bersama makanan yang ia senangi, seperti macaroni dengan isian wortel, ataupun nasi goreng kacang polong.

8. Table Manner
Ajarkan anak table manner yang baik dengan membiasakan makan bersama di meja makan, serta menghabiskan makanan yang berada di piringnya sebelum mengonsumsi hidangan penutup. Dengan begitu ia akan terbiasa untuk menaati aturan dan tata cara makan yang baik dan benar.

9. Bersabar
Banyak cara yang dapat ditempuh dalam menyajikan dan mengajar sang buah hati untuk memulai pola makan yang sehat, yang penting terlebih dahulu Anda harus sabar dalam menjalani prosesnya. Bersabar untuk kebaikan sang buah hati tidak ada salahnya bukan? Selamat mencoba!

Sumber : wolipop

0 comments:

Post a Comment