Tuesday, January 8, 2013

Lebih Waspada Rayap Saat Musim Hujan

Memasuki musim hujan banyak sekali yang harus kita waspadai, rayap termasuk salah satunya. Musim hujan adalah saat rayap berkembang biak pesat dan membentuk koloni baru.
Mulai menemukan butiran halus seperti pasir di lantai. Sudah dibersihkan tapi muncul lagi. Atau mulai terdengar suara gemeletak atau gemerisik di bagian-bagian rumah, yang terbuat dari kayu.
Tenang, ini bukan perbuatan hantu atau makhluk gaib lainnya. Kemungkinan besar ada rayap di rumah Anda. Apalagi ditambah dengan ditemukannya gundukan tanah di dinding rumah. Sudah bisa dipastikan ada koloni rayap "menginap" di rumah.
Musim hujan tiba kita perlu lebih waspada dengan kehadiran rayap. Biasanya musim hujan adalah saat yang tepat bagi rayap tanah untuk naik ke permukaan. Untuk berkembang biak dan membentuk koloni baru, rayap-rayap tadi mencari dan menempati bagian-bagian rumah, yang terbuat dari kayu, yang letaknya tersembunyi.
Untuk menanggulangi masalah ini, bisa menggunakan dua cara. Sebelum bangunan dibangun, siram atau semprot tanah dengan cairan kimia anti rayap. Sehingga setelah bangunan jadi, rayap tidak punya akses naik ke permukaan tanah dan masuk ke rumah.
Cara kedua adalah setelah bangunan jadi. Caranya macam-macam, bisa menyemprot setiap material kayu dengan obat anti rayap. bisa juga dengan menggunakan umpan rayap yang mengandung bahan kimia. Cara ini bisa diaplikasikan sebelum memasuki musim hujan. Kalau punya budget lebih, bisa juga menggunakan jasa pembasmi rayap.
Satu hal yang perlu diwaspadai dari penggunaan obat-obat anti rayap ini, adalah jangan sampai tercampur dengan makanan. Jauhkan juga dari anak-anak.
Foto: www.biomaterial-lipi.org

Sumber : http://www.ideaonline.co.id

0 comments:

Post a Comment