Thursday, January 24, 2013

Hati-hati dengan pengawet produk kecantikan!

“Paraben” merupakan salah satu jenis pengawet makeup yang sudah ada sejak lama. Namun ternyata ditemukan hubungan erat antara paraben dan tumor kanker payudara, menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Philippa Darbre di tahun 2004 di Inggris.
Pada dasarnya, paraben bekerja dengan mencegah bakteri bertumbuh dalam produk-produk kecantikan. Paraben mampu meniru atau mengintervensi estrogen dalam tubuh, dan eksposur terhadap estrogen adalah hal utama yang bisa mengembangkan kanker payudara. Semenjak itu, banyak studi yang mendeteksi adanya paraben dalam urine dan jaringan tubuh. Karena itu, banyak perusahaan kecantikan yang menghilangkan paraben dari daftar bahan-bahannya, walaupun masih banyak produk kecantikan pada umumnya yang menggunakannya.
Berikut ini hal-hal penting yang perlu Anda ketahui berkaitan dengan paraben:
1. Paraben bisa masuk ke dalam tubuh Anda. Dr. Darbre menemukan adanya konsentrasi 5 paraben dalam jaringan tumor payudara. Paraben bisa masuk ke dalam payudara, dan paraben masuk dengan kadar yang banyak.
2. Bukan hanya deodoran dan antiperspirant saja yang perlu diwaspadai. Sebelumnya, kedua produk kecantikan tersebut dipikirkan adalah dua produk yang paling mungkin memasukkan paraben ke dalam tubuh. Namun penelitian terakhirnya menunjukkan hal sebaliknya. Produk-produk lain, seperti moisturiser, lotion, dan lainnya, juga memiliki potensi yang sama untuk menimbulkan risiko kanker payudara.
3. Paraben juga karsinogenik. Penelitian sebelumnya berfokus pada bagaimana paraben mendukung pertumbuhan sel-sel kanker melalui aktivitas estrogenik. Namun di penelitian kedua, Dr. Darbre menemukan bahwa paraben bisa bersifat karsinogenik, yang berarti paraben bisa mentransformasi sel-sel sehat menjadi sel kanker.
Lalu apa yang seharusnya Anda, sebagai seorang wanita–yang tentunya ingin selalu tampil cantik–menghadapi hal ini? Apakah Anda harus menghindari produk kecantikan selamanya? Dr. Darbre mengatakan bahwa semua wanita memiliki pilihan untuk berhenti menggunakan produk-produk kecantikan ini. Namun mungkin hal yang pertama harus dilakukan adalah untuk membaca bahan-bahan yang digunakan yang dicantumkan di balik produk kecantikan.

Sumber : http://sehatcantik.co.id

0 comments:

Post a Comment