Monday, January 21, 2013

Jangan Takut Minta Penaikan Gaji pada Atasan

ilustrasi/nasibkaryawan.com
Sepanjang perjalanan karier, Anda tentu ingin bertambah maju dalam berbagai hal, salah satunya tentu dengan penaikan gaji. Untuk itu, jika Anda memang merasa berhak mendapatkan gaji yang lebih baik, tentu tidak apa memintanya kepada atasan.

Namun, meminta atasan untuk menaikkan gaji memang akan menjadi hal yang membuat canggung, stres, dan sulit. Namun, jika Anda memang layak mendapatkannya, mintalah dengan percaya diri. Berikut adalah beberapa panduan untuk meminta penaikan gaji.

a. Tahu kualitas diri
Jika Anda merasa telah bekerja keras dan bertanggung jawab, tentu dapat dipastikan bahwa Anda telah memberikan banyak nilai bagi perusahaan. Atasan Anda tentunya harus menyadari bahwa Anda layak diapresiasi.

Untuk itu, terlebih dahulu, Anda perlu tahu mengapa Anda berhak mendapat bayaran lebih. Ajukan diri sendiri pertanyaan, "Mengapa saya layak mendapatkan penaikan gaji? Apa yang membuat saya berbeda dari rekan-rekan saya?". Tulislah jawabannya pada selembar kertas. Beri tahukan kepada atasan ketika membahas ini. Anda juga sebaiknya mengetahui berapa gaji kawan Anda yang produktif guna menentukan nilai Anda.

b. Bekerja dengan baik
Mulailah bekerja keras dan tunjukkan performa yang baik setidaknya sebulan sebelum meminta penaikan gaji. Anda baru dapat meminta penaikan gaji ketika pekerjaan Anda bagus bahkan melampaui ekspektasi atasan Anda. Mulailah memberikan hasil kerja yang lebih baik dan tanya atasan apakah ia perlu bantuan dengan apa pun. Juga, bantu rekan kerja dengan kesulitan kapan pun mereka membutuhkan Anda.

c. Bersabar
Jangan mengharapkan penaikan gaji segera setelah Anda memintanya kepada atasan. Atasan mungkin perlu beberapa waktu untuk berpikir tentang hal itu atau juga mungkin perlu untuk meminta persetujuan pihak lain. Jadi, menunggu dan bersabarlah sampai atasan Anda mendapat keputusan. Jika ia terlalu lama, ingatkanlah sesekali.

Sumber : metrotvnews.com

0 comments:

Post a Comment