Saturday, December 29, 2012

Siapa Sangka, Ternyata Air Liur Punya Manfaat Tersendiri!

Mungkin terdengar sedikit menjijikkan, namun perlu Anda ketahui bahwa air liur manusia memiliki beberapa manfaat.

Dalam bahasa ilmiah, air liur atau ludah dinamakan Saliva. Cairan bening yang dihasilkan makhluk hidup tersebut mengandung beberapa unsur antara lain elektrolit yang memuat elemen Natrium, Kalium, Kalsium, Magnesium, Glikoprotein, senyawa anti bakteri, dan beberapa macam enzim lainnya.

Menurut tim peneliti dari Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB), satu zat dalam air liur manusia dapat mempercepat penyembuhan luka. Tim peneliti tersebut mengidentifikasi bahwa “histatin”, protein kecil dalam air liur manusia dipercaya mampu membunuh bakteri dalam penyembuhan luka. Selain itu, zat tersebut dapat diproduksi secara massal sehingga memiliki potensi yang sama dengan krim anti biotik atau obat alkohol gosok.

Air liur pun dapat dimanfaatkan untuk mengungkap identitas seseorang karena dapat dijadikan sampel untuk DNA. Air liur dapat memberikan informasi mengenai apa saja yang telah dimakan, atau bahkan obat-obatan yang telah dikonsumsi.

Fungsi berikutnya dari air liur antara lain untuk membantu proses pencernaan makanan dalam mulut seperti membersihkan makanan dan sel-sel mati dalam mulut, mengikat makanan sehingga dapat ditelan, membersihkan bakteri dari gigi, mencegah lapisan rongga mulut dari kekeringan, menetralisir asam, dan membantu menumbuhkan enamel gigi yang rusak karena kalsium dan kadar fosfor.

Oleh karena itu, tidak aneh bila luka dalam mulut, seperti paska pencabutan gigi, lebih cepat sembuh dibandingkan dengan luka pada kulit. Mulailah mengarahkan pandangan kita bahwa air liur merupakan salah satu sumber bagi obat baru. Menarik sekali bukan?

Sumber  : https://www.popular-world.com

0 comments:

Post a Comment