Friday, December 28, 2012

10 Hal Kecil Pendongkrak Bisnis di 2013

10 Hal Kecil Pendongkrak Bisnis di 2013
Ilustrasi
Jakarta : Tahun 2012 merupakan masa yang berat bagi para pelaku usaha. Ketidakpastian ekonomi disertai isu jurang fiskal Amerika Serikat, menimbulkan perlambatan ekonomi yang terus berlanjut.

Memasuki tahun 2013, permasalahan tersebut tak kunjung reda. Bahkan sejumlah pihak memperkirakan perekonomian dunia kemungkinan mengalami perlambatan meski ada sedikit perbaikan.

Kondisi ini tentunya tak menyenangkan bagi para pelaku bisnis. Terlebih lagi mereka yang terus mencoba bertahan di tengah ketidakpastian ekonomi dunia. Berbagai cara dan strategi dikeluarkan untuk bersaing dan mencoba tumbuh di tengah perlambatan permintaan global.

Seperti diikutip dari laman Inc, Sabtu, (29/12/2012), berikut adalah 10 hal yang bisa Anda lakukan di akhir tahun untuk menempatkan perusahaan berada di jalur pertumbuhan yang benar di 2013:

1. Selesaikan rencana pencapaian, target finansial, dan budget 2013.

Jangan menunggu hingga Januari untuk melakukan ini. Dengan prioritas tahun baru, Anda mengambil risiko mengerjakan perencanaan strategis jika baru mengerjakannya pada kuartal I atau bahkan kuartal II. Bila itu benar-benar terjadi, waktu Anda tidak banyak untuk fokus di bisnis dan mencapai target.

2. Pilih target-target kunci di kuartal pertama.

Kebanyakan orang tidak bisa memberi perhatian pada lebih dari satu hal. Apabila Anda memiliki tiga atau lima hal yang harus diprioritaskan, buatlah sebuah rencana untuk mendelegasikan atau menggeser beberapa hal yang kurang begitu penting. Cara memilih prioritas: Bila Anda tidak bisa mengabdikan setidaknya satu hari saja untuk menyelesaikan satu pekerjaan, berarti mungkin pekerjaan itu bukan prioritas.

3. Buat rencana aksi untuk lebih mengenal konsumen.

Buatlah komitmen di 2013 untuk mempelajari lebih banyak tentang kebutuhan pelanggan Anda, tujuan, dan tolok ukurnya, dan mengapa mereka memilih Anda bukannya perusahaan atau mitra lain.

4. Berlatihlah menghitung keuntungan dari bisnis Anda.

Lakukan latihan di kertas-kertas tak terpakai anda untuk menghitung dan mengerti apa yang sudah Anda bayarkan untuk bermacam orang, kegiatan, dan inisiatif. Kemudian perkirakan hasil apa yang Anda dapatkan, apa yang Anda harapkan untuk jangka panjang.

5. Kirimkan kartu ucapan terima kasih ke karyawan kunci, pelanggan, dan mitra bisnis.

Jelaskan sebesar apa jasa mereka untuk mencapai target-target Anda.

6. Visualisasikan target 3-5 tahun.

Apa yang harus Anda selesaikan di 2013 untuk memastikan mencapai tujuan jangka panjang.

7. Pilih satu item yang menjadi penghambat dan buat rencana untuk mengeliminasinya.

Fokus menciptakan kesuksesan.

8. Berhentikan atau pindahkan anggota tim yang tak tidak bisa menampilkan nilai dan tujuan organisasi
Apakah ada orang di tim Anda yang lebih buruk kinerjanya dibandinmg yang lain? Apakah ada orang yang menurunkan moral tim dan efektivitas seluruh tim? Anda harus mempertimbangkan lagi keberadaannya di tim pada 2013 nanti.

9. Review kesepakatan-kesepakatan dengan mitra Anda.

Akhir tahun adalah saat yang tepat untuk memastikan Anda memiliki semacam rencana antisipasi bila ada yang berubah di bisnis atau tim manajemen Anda. Akan selalu lebih mudah untuk mempunyai rencana seperti ini.

10. Beristirahat dan manjakan diri Anda.

2013 akan menjadi sebuah perjalanan yang panjang dan menyenangkan. Pastikan diri Anda siap.

Sumber : http://bisnis.liputan6.com

0 comments:

Post a Comment