Wednesday, January 16, 2013

Mau Otak Lebih Sehat, Konsumsi Omega 3

Ikan salmon                                                 photo responsibility.lowes.com
Mengonsumsi makanan yang sehat ternyata dapat meningkatkan memori dan memperlambat penurunan kognitif pada otak. Mengonsumsi makanan yang kaya akan senyawa tertentu dapat menjaga kemampuan mental seseorang meski usianya bertambah tua.

Linda Milo Ohr, editor di majalah Food Technology, mengatakan penelitian menunjukkan enam kandungan makanan dapat membantu diet seseorang sekaligus meningkatkan daya pikirnya. Hasil penelitian dipublikasikan Institute of Food Technologists (IFT).

Berikut enam kandungan tersebut:
1. Asam lemak omega 3
Ikan air dingin, seperti salmon, merupakan sumber yang kaya akan asam docosahexaenoic dan eicosapentaenoic. Kandungan itu dipercaya meningkatkan fungsi kognitif dan meringankan depresi.

Ibu hamil dan menyusui disarankan mengonsumsi ikan tersebut, setidaknya 8 hingga 12 ons per hari setiap pekan. Mereka pun tak disarankan mengonsumsi ikan memiliki kandungan zat merkuri yang tinggi.

2. Teh hijau
Medline Plus menyebutkan teh hijau efektif meningkatkan kewaspadaan mental dan pikiran. Penelitian terbaru menunjukkan teh hijau mengandung antioksidan, seperti epigallocatechin-3-gallate, yang dapat membantu menguatkan kemampuan daya pikir.

3. Bluberi
Buah ini kaya akan anthocyanins yang meningkatkan kemampuan tes memori.  Penelitian menyarankan mengonsumsi buah itu untuk diet sekaligus mencegah risiko serangan jantung. Selain bluberi, kandungan dan manfaat yang sama pun didapat pada stroberi.

4. Sayuran hijau dan makanan yang mengandung magnesium
Magnesium membantu mempertahankan fungsi mental dan syaraf normal. Demikian dikatakan Office of Dietary Supplements. Magnesiun ditemukan pada sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

5. Biji kenari
Biji kenari mengandung antioksidan untuk mengurangi risiko penyakit neurodegenerative, seperti Alzheimer.

6. Cokelat
Penelitian terbaru menunjukkan mengonsumsi cokelat dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

Sumber : www.metrotvnews.com

0 comments:

Post a Comment