Sunday, December 2, 2012

Tips Aman Menyimpan Bahan Makanan


Menyimpan makanan membutuhkan suatu perlakuan khusus agar makanan yang kita simpan tidak menimbulkan penyakit atau cepat rusak.  Berikut ini adalah beberapa tips dalam menyimpan bahan makanan Anda.
-Simpanlah bahan masakan atau bahan baku yang mudah rusak di dalam kantong khusus atau pendingin.
-  Pastikan lemari pendingin Anda cukup dingin.  Atur pendingin lemari es Anda sekitar 34 hingga 36 derajat Farenheit.  Jika lemari es Anda tidak memiliki pengukur suhu, belilah pengukur suhu di toko listrik terdekat dan periksalah secara berkala.
-  Cuci bahan baku makanan Anda secara menyeluruh, keringkan, dan tempatkan dalam kantong. Dengan mencuci bahan makanan tersebut, akan menghilangkan beberapa kotoran.  Namun tentu memasak bahan makanan adalah cara yang paling baik dan aman untuk menghilangkan kotoran.
- Pastikan makanan yang mentah dan matang tidak bersentuhan satu sama lain di dalam kulkas.  Daging mentah harus dibungkus dan ditempatkan dalam tempat terpisah dan tempatkan daging mentah terebut di ruangan paling bawah.
-  Jangan tempatkan susu atau daging di sisi pintu kulkas karena sisi ini merupakan sisi yang biasanya tidak cukup dingin.

Sumber : sehatplus

0 comments:

Post a Comment