Sunday, December 2, 2012

Bersihkan Kamar Anak dari Perangkat Elektronik

Ilustrasi anak di depan komputer
Ilustrasi anak di depan komputer (sumber: ibn-tv)
Semakin banyak alat elektronik, kian besar mereka berpeluang kegemukan.

Alat elektronik di kamar bisa membuat anak sulit tidur dan memiliki gaya hidup buruk. Hal tersebut didapat dari sebuah studi yang dilakukan peneliti dari University of Alberta, Amerika Serikat.

Risiko kurang tidur, kegemukan, masalah sosial bisa terjadi pada anak yang kamar tidurnya dilengkapi piranti elektronik seperti komputer, ponsel, televisi, dan konsol permainan. Semakin banyak alat elektronik, kian besar mereka berpeluang kegemukan.

“Jika Anda ingin anak Anda tidur lebih baik dan hidup sehat, singkirkan peralatan teknologi dari tempat tidurnya,” kata Paul Veugelers, profesor bidang Kesehatan Publik Sekolah.

Peneliti percaya mereka menemukan hubungan antara diet, aktivitas fisik, dan tidur pada anak dengan alat elektronik. Penelitian ini sendiri melibatkan hampir 3.400 siswa.

Anak-anak tersebut menjelaskan kebiasaan mereka jelang tidur malam dan piranti elektronik yang mereka bisa gunakan di kamar. Hasilnya, setengah dari siswa tadi mengakses pemutar DVD, televisi, atau konsol gim. Lima persen anak memiliki ketiganya. Sebanyak 21 persen menggunakan komputer dan 17 persen memegang ponsel.

Dari temuan itu, anak yang menggunakan setidaknya satu alat elektronik memiliki 1,47 kali lebih besar peluang kelebihan berat badan. Untuk anak yang mempunyai tiga alat elekronik, kemungkinannya meningkat 2,57 kali.

Sumber : beritasatu.com

0 comments:

Post a Comment