Sunday, December 16, 2012

5 Tips Kurangi Porsi Makan

Sadar atau tidak disadari ternyata ada trik yang dapat kita pakai agar makan dalam porsi yang lebih sedikit. Dengan mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih sedikit tentu bisa membantu program pengurangan berat yang tengah Anda lakukan.

Berikut lima tips mengurangi porsi makan seperti yang dipaparkan Shape.
1. Makan dengan sendok dan garpu lebih besar.
Makan menggunakan sendok atau peralatan makan yang lebih besar membuat kita cenderung makan lebih sedikit ketimbang saat menggunakan peralatan makan yang lebih besar. Kecenderungan ini terjadi karena perasaan yang timbul bahwa kita makan dalam porsi yang lebih banyak.
2. Menggunakan peralatan makan berwarna biru
Studi telah menunjukkan bahwa mereka yang makan menggunakan piring berwarna biru cenderung makan dalam porsi yang lebih sedikit.
3. Menggunakan piring dan mangkuk yang berwarna mencolok (kontras) dengan makanan yang Anda makan.
Memakai piring yang berwarna sama dengan makanan yang disajikan memberikan ilusi bahwa makanan yang ada lebih sedikit dibanding apa yang tengah tersaji di dalamnya.
4. Memakai piring, mangkuk dan gelas yang lebih kecil.
Lebih mudah untuk menumpuk makanan saat piring yang Anda gunakan berukuran besar. Begitu pula dengan mangkuk serta gelas yang Anda gunakan saat makan.
5. Menikmati makanan tanpa adanya pengalih perhatian.
Nikmati ritual makan Anda tanpa pengalih perhatian seperti televisi, buku atau koran. Menikmati makanan membuat kita lebih cepat merasa kenyang dan akhirnya mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih sedikit.

Sumber : http://infojkt.com

0 comments:

Post a Comment