Friday, January 11, 2013

Manfaat buah salak untuk kesehatan

Betokaroten yang terkandung dalam buah salak sangat baik untuk memelihara kesehatan mata. Dalam 100 gr salak memiliki kurang lebih 5,5 kali lebih banyak kandungan betokarotennya dibanding dengan buah mangga, dan 3 kali lebih banyak dibandingkan buah jambu serta 5 kali lebih banyak dari semangka merah.

Manfaat buah salak lainnya ialah untuk mengobati diare /mencret. Caranya dengan mengkonsumsi buah salak segar kurang lebih 200 gram.

Selain buahnya, daun salak juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan penyakit ambeien yang belum parah. Caranya dengan mengambil 3 helai daun salak, kemudian direbus dengan segelas air. Setelah itu, air rebusan tersebut di saring dan kemudian diminum dengan gula merah. Minum dua kali sehari, pagi dan malam hari.

Rupanya selain buah dan daun, kulit buah salak juga dapat digunakan untuk mengobati dan menurunkan penyakit diabetes kering dan menstabilkan tekanan darah, baik darah tinggi maupun darah rendah. Caranya dengan mengambil secukupnya kulit buah salak, bilas dengan air bersih, kemudian masukkan ke dalam kuali (jangan kuali aluminium atau besi). Kemudian tuangkan air secukupnya, rebus dengan menggunakan api kecil sekali sampai airnya mendidih. Saring dan minum airnya. Kulit salak yang sudah direbus tidak dapat digunakan kembali. Dalam sehari minumlah rebusan air kulit buah salak sebanyak 1 liter. Lakukan sampai 2 minggu tanpa putus. Selanjutnya kita bisa buktikan diabetes kering yang seringkali melonjak naik akan menjadi normal, dan tekanan darah akan stabil.

Semoga bermanfaat.


Referensi : http://manfaat.org

0 comments:

Post a Comment