Tuesday, December 25, 2012

Kebotakan Tanda Awal Penyakit Jantung

Kebotakan Tanda Awal Penyakit Jantung  
TEMPO/ Komarul Iman
Jangan menganggap remeh kebotakan serta tanda penuaan dini, seperti penumpukan lemak di sekitar mata. Cobalah berkonsultasi dengan dokter Anda. Sebab, kebotakan dan penuaan dini terkait erat dengan peningkatan risiko terkena gangguan serta serangan jantung.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Los Angeles, Amerika Serikat, menyebutkan, orang dengan tanda-tanda penuaan seperti rambut rontok dan tumpukan lemak di sekitar mata memiliki risiko lebih tinggi terkena masalah jantung dibandingkan orang dengan usia yang sama namun terlihat lebih muda.

"Tanda-tanda penuaan mencerminkan usia fisiologis atau biologis, bukan usia kronologis, dan bebas dari faktor usia kronologis," kata Anne Tybjaerg-Hansen, peneliti senior sekaligus profesor di University of Copenhagen, Denmark, seperti yang dikutip dalam LA Times, Selasa, 6 November 2012.

Tybjaerg-Hansen mempresentasikan hasil penelitian ini pada konferensi tahunan yang diselenggarakan oleh American Heart Association di Los Angeles. Penelitian difokuskan pada hampir 11 ribu orang berusia 40 tahun ke atas.

Para peneliti menemukan, mereka yang memiliki tiga sampai empat tanda-tanda penuaan dini memiliki peningkatan 57 persen risiko serangan jantung dan peningkatan 39 persen risiko gangguan jantung. Di antara tanda penuaan dini yang paling jelas adalah garis rambut yang mulai surut di kening, kebotakan di puncak kepala, lipatan daun telinga, serta kumpulan lemak di sekitar kelopak mata.

Selama kurang-lebih 35 tahun para peneliti memantau perkembangan, ciri fisik, serta mencocokkannya dengan ciri penuaan dini para responden. Hasilnya, 3.401 responden terdeteksi memiliki penyakit jantung dan 1.708 responden mengalami serangan jantung.

"Setelah tanda penuaan masing-masing individual digabungkan, maka diperkirakan terdapat serangan jantung dan penyakit jantung di luar faktor risiko tradisional," kata American Heart Association. "Tumpukan lemak di sekitar mata adalah prediktor terkuat individu dari kedua serangan jantung dan penyakit jantung."

Risiko tertinggi terkena serangan jantung dan penyakit jantung terdapat pada responden berusia 70 tahun serta orang dengan tanda penuaan dini. Karena itu, menurut Hansen, memeriksa tanda-tanda penuaan yang muncul pada seorang pasien harus menjadi bagian rutin dari pemeriksaan fisik setiap dokter.

Sumber : http://www.tempo.co

0 comments:

Post a Comment