Thursday, November 29, 2012

Manfaat berenang di laut


Ada 2 manfaat yang akan kita dapatkan bila kita berenang di laut. Yaitu manfaat renang itu sendiri sebagai olahraga dan manfaat yang terkandung dalam air laut. Berikut manfaat keduanya :

Manfaat Renang :

-          Membentuk otot
Saat berenang, hampir seluruh otot-otot tubuh bergerak, mulai dari kepala, leher, dada, punggung, pinggang, paha, betis hingga ke telapak kaki. Pada saat tubuh bergerak di dalam air, secara otomatis tubuh akan mengeluarkan energi lebih besar karena harus “melawan” massa air yang mampu menguatkan dan ,melenturkan otot-otot tubuh.

-          Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru
Gerakan yang dilakukan oleh anggota tubuh terutama tangan dan kaki, dengan mendorong dan menendang air, dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah dan paru-paru.

-          Menambah tinggi badan.
Berenang dengan baik dan benar akan membuat pertumbuhan tubuh lebih tinggi (tentunya bagi mereka yang masih dalam pertumbuhan).

-          Melatih pernafasan
Sangat dianjurkan bagi mereka yang mengidap penyakit asma untuk berenang, karena sistem cardovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. Pernapasan kita menjadi lebih sehat, lancar dan pernafasan bisa lebih panjang.

-          Membakar kalori lebih banyak.
Pada saat berenang, tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Secara otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih besar, sehingga dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori tubuh.

-          Self safety.
Dengan berenang tentunya kita tidak lagi khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan terutama yang berhubungan dengan air.

-          Menghilangkan stress
Secara psikologis, berenang dapat pula membuat hati dan pikiran lebih rileks. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Suasana hati jadi sejuk, pikiran lebih adem, dan badanpun bebas gerah.

Manfaat yang terkandung dalam air laut.
Air laut mengandung magnesium, potasium, kalsium sulfat, dan sodium. Air laut memiliki khasiat yang baik bagi tubuh dan kecantikan kulit. Saat berendam dalam air laut, ion dan mineral yang terkandung di dalamnya memiliki manfaat, di antaranya: Melancarkan sirkulasi darah, memperkuat otot jantung, melancarkan sistem pernapasan, meningkatkan produksi sel darah merah, menyehatkan dan menutrisi kulit tubuh sehingga lebih bercahaya. Karena itulah, mulai dikenal terapi air laut yang disebut Thallasotherapy, yang merangkum semua manfaat air laut dalam bentuk relaksasi, revitalisasi tubuh, sekaligus peremajaan kulit.
Air laut juga mengandung Nigarin adalah ekstrak air laut yang mengandung mineral mikro yang sangat dibtuhkan oleh tubuh. Memiliki kandungan lebih dari 80 jenis mineral, termasuk Magnesium, Kalium, Besi, Kalsium, Boron, Selenium & Zinc. Merupakan cairan isotonis yang dapat membantu menjaga keseimbangan reaksi metabolisme di dalam tubuh. Sari air laut alias nigari memang multikhasiat. Selain menyehatkan jantung, ia juga memilki khasiat lain.
Limbah garam itu mampu menambah kualitas kecantikan wanita. Tatsuya Kosaka meriset untuk membuktikannya. Menurut direktur Institut Penelitian Nigari itu, magnesium dalam sari air laut bisa membakar lemak dan mengeluarkan cairan tak berguna dalam tubuh. Wajar jika di Jepang, kalangan anak muda, terutama remaja perempuan, senantiasa membawa sari air laut, “Gunanya menjaga tubuh tetap langsing dan terhindar dari penyakit kolesterol walau memakan apa pun,”

Nah ... itulah manfaat berenang dilaut yang akan membuat tubuh kita sehat bugar sepanjang hari yang secara tidak langsung menjauhkan kita dari penyakit. 


Dari berbagai sumber.

0 comments:

Post a Comment